Chase Plaza

Chase Plaza, nama gedungnya sangat Amerika, adalah gedung tinggi berlantai 25 yang berlokasi di bilangan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Dirancang oleh Gene L. Fong dari Gin Wong Associates dan strukturnya dirancang Miyamoto International dari California, AS, gedung berketinggian 113 meter ini selesai dibangun pada tahun 1986 (data web lama Miyamoto International yang sayangnya sudah lenyap dan tidak masuk Internet Archive). Beberapa versi menyebutkan selesai dibangun 1984, tetapi foto dari tahun 1985 di bawah menunjukkan bahwa data versi Emporis/CTBUH kurang tepat. Tidak ada informasi mengenai pemborong dan arsitek lokal pendamping Miyamoto dan Gin Wong Associates.

Plaza Chase
Foto DBG, Creative Commons License
Chase Plaza saat dibangun.
Foto: Indonesia from the Air,
Times Editions & Humpuss, 1986

Dirancang dengan gaya modernis internasional dengan elemen tropis, Chase Plaza terbagi ke dalam tiga bangunan; gedung utama setinggi 24 lantai, podium 7 lantai, gedung parkiran berlantai enam. Penampilan elegan, modern didapat dari elemen horizontal yang kuat, dengan lapis kaca riben dan lapis beton GRC. Struktur gedung menggunakan pondasi tiang pancang dan struktur utama beton bertulang.

Gedung dengan luas lantai 43 ribu meter persegi ini juga terkenal dengan rumah makan lantai atas Sumibian yang dibuka sejak 1988. Sebelumnya lantai 25 Chase Plaza juga terkenal dengan rumah makan mewah lain Angus House.

Sesuai namanya, gedung ini awalnya menjadi kantor cabang Chase Manhattan Bank di Indonesia. Chase kini sudah pindah kantor dan berubah menjadi perwakilan saja, sementara ruang kantor didominasi oleh Bank Central Asia cabang utama Sudirman yang pindah dari gedung lama sebelahnya serta beberapa divisi dan anak usahanya. Tenant lainnya adalah cabang Bank Negara Indonesia, Duta Anggada Realty selaku pengembang, hingga grup Batavia Prosperindo.

Data dan fakta

  • Alamat: Jalan Jenderal Sudirman Kav. 21 Jakarta
  • Arsitek:
    • Gene L. Fong (Gin Wong Associates, arsitektur)
    • Miyamoto International (struktur)
  • Lama pembangunan: Selesai dibangun 1986
  • Jumlah lantai: 24
  • Tinggi gedung: 113 meter (CTBUH)
  • Biaya pembangunan: 40 juta dolar AS/Rp. 580 milyar (estimasi Miyamoto, 2020. Harga 1986 sekitar Rp. 34 milyar)
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. Arsip laman resmi Duta Anggada, diarsip 15 Februari 2004
  2. Portfolio Gene Fong Associates (hal. 18), terselip di lembar proposal hotel di Amerika. Diakses 25 Oktober 2020. (arsip)
  3. Laman resmi Miyamoto International, diakses 25 Oktober 2020. (arsip)
  4. Laman resmi Sumibian, diakses 25 Oktober 2020 (arsip)
  5. "Chase Plaza Develop oleh Duta Anggada" (iklan). Pekan Wisata Budaya Minangkabau dan Halalbihalal masyarakat Sumatra Barat DKI 1406H. Halaman 52-53

Lokasi

Comments