Gedung Semen Indonesia

Bisa dibilang Gedung Semen Indonesia merupakan gedung tinggi yang cukup unik dan juga jauh dari kota-kota besar. Dibangun sebagai kantor administrasi perusahaan Semen Gresik, gedung berlantai 10 dengan luas lantai 12.660 meter persegi ini dirancang oleh tim arsitek dari Gubah Laras, dan dibangun oleh pemborong lokal Swadaya Graha mulai 1992 sampai 1994, dan diresmikan oleh Direktur Utama Semen Gresik Ir. A. Fuad Rivai pada tanggal 7 Agustus 1994.

Walau Gedung Semen Gresik secara arsitektural dipengaruhi oleh warisan Soejoedi melalui tampilan merunya (mirip dengan kantor Gubernur Jawa Tengah dan KBRI Kuala Lumpur), gedung ini, sayangnya, kalah pamor dengan Gedung Litbang Semen Gresik, atau nama arsitekturnya PPS Semen Gresik, karya Harjono Sigit dan Wisma Djendral Ahmad Yani, sekompleks dengan Gedung Semen Indonesia. Padahal bangunan ini bisa menjadi tetenger Gresik sebagai bagian dari pabrik Semen Gresik.

Gedung Semen Indonesia
Foto DBG, 2017, Creative Commons License

Data dan fakta

  • Alamat: Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur
  • Arsitek: Gubah Laras
  • Pemborong: Swadaya Graha
  • Lama pembangunan: 1992 - 1994
  • Jumlah lantai: 10
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. Laman resmi Gubah Laras, diarsip 7 Januari 2007
  2. Laman resmi Swadaya Graha, diarsip 1 Desember 2002
  3. Plakat peresmian

Lokasi


Dukung SGPC dengan menyawer lewat Saweria untuk informasi sejarah gedung yang lebih berkualitas. Saat ini belum ada yang menyawer.

Comments