Apartemen Simpruk Teras


Apartemen Simprug Teras, berada di kawasan Simprug yang sayangnya penulis belum pernah lewati, dikembangkan oleh PT Amanda Sentosa Graha, sebuah anak perusahaan properti Grup Amcol, yang lebih populer di masanya melalui penjualan dan perakitan alat elektronik Sony, hanya dengan satu blok saja. Apartemen dengan 125 unit ini dirancang oleh tim arsitek dari Patroon Arsindo, dan pembangunannya dilakukan oleh PP Taisei mulai November 1994 dan selesai dibangun dan sudah diserahkan kuncinya per awal 1997. Pihak pengembang mengatakan bahwa apartemen seluas 37.800 meter persegi ini desain dasarnya dirancang oleh konsultan Singapura, sayangnya arsitek tersebut tidak teridentifikasi namanya. Grup Amcol mengucurkan dana 28 juta dolar AS (Rp 65,4 milyar) atau dalam nilai rupiah sekarang (2020) mencapai 500 milyar rupiah, untuk membangun Apartemen Simprug Teras saja.

Simprug Teras merupakan apartemen bergelar strata (dijual). Sayangnya, penulis SGPC belum memiliki data lengkap mengenai pembagian 125 unit apartemen berlantai 21 lantai dengan 2 basemen parkir ini. Harga saat pertama dijual dikabarkan mencapai 1900 dolar AS (Rp 4,4 juta) per meter persegi, setara dengan Rp 33,5 juta per meter persegi nilai tukar 2020.

Desain arsitekturnya dirancang dengan gaya arsitektur pascamodern, menggabungkan elemen klasik seperti pilar dan cornice, dan perpaduan modern dengan lengkung berlapis kaca yang sedikit terlihat janggal bagi gedung bergaya pascamodern. Secara struktur, gedung Apartemen Simprug Teras ditopang oleh pondasi Frankipile dengan struktur atas memadukan empat tembok geser dan portal terbuka untuk menopang balok lantai-lantainya.

Fasilitas yang ditawarkan Apartemen Simprug Teras cukup biasa, yaitu trek jogging, kolam renang, taman bermain, rumah makan, hingga lapangan tenis.

Data dan fakta

  • Nama lama: Simpruk Terrace Condominium
  • Alamat: Jalan Teuku Nyak Arief, Jakarta
  • Arsitek:
    • Patroon Arsindo (arsitek)
    • Davy Sukamta & Partners (struktur)
  • Pemborong: PP Taisei
  • Lama pembangunan: 1994 - 1997
  • Jumlah lantai: 21 + 2 basement
  • Jumlah unit: 125 unit
  • Biaya pembangunan: Rp. 65,4 milyar (1996, setara Rp 500 milyar nilai 2020)

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1996). "Simpruk Teras Condominium: Dirancang setara dengan kelasnya". Majalah Konstruksi No. 238, November 1996, hal. 55-59
  2. IU (1994). "Simpruk Terrace Mulai Dibangun". Majalah Properti Indonesia No. 11, Desember 1994, hal. 22

Lokasi

Dukung SGPC dengan menyawer lewat Saweria untuk informasi sejarah gedung yang lebih berkualitas. Pengumuman daftar sawer akan dimuat pada Selasa jam 8 pagi.

Comments