Apartemen Istana Sahid

Apartemen Istana Sahid adalah apartemen kelas atas yang berlokasi di dalam kawasan Sahid di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Apartemen dengan 188 unit ini memiliki dua blok menara, yaitu Mawar dan Melati, dirancang oleh tim arsitek dari Parama Loka Consultant dan dibangun oleh Jaya Konstruksi mulai Februari 1993 dan selesai dibangun pada Maret 1995, dimana pada saat yang bersamaan, apartemen tersebut resmi diserahterimakan kepada pembeli.

Apartemen Istana Sahid dikembangkan oleh Sahid Inti Dinamika dan dikelola langsung oleh Grand Sahid Jaya yang lokasinya berdampingan dengan Istana Sahid, dan dibangun sebagai bagian dari kawasan superblok Sahid. Pihak Sahid Inti Dinamika mengatakan kepada majalah Konstruksi bahwa biaya pembangunannya dan investasinya mencapai Rp. 140 milyar tidak termasuk harga tanah.
apartemen istana sahid
Foto: Google Street View

Deskripsi apartemen

Apartemen Istana Sahid, seperti yang dijelaskan sebelumnya, memiliki dua menara, bernama Mawar dan Melati. Tidak diketahui pembagian per menaranya (asumsi 94), Apartemen Istana Sahid memiliki 188 unit total yang dibagi menjadi 108 unit dua kamar tidur, 76 tiga kamar tidur dan 4 penthouse. Ketika pertama dipasarkan pada Februari 1993 dan diwartakan Media Indonesia pada September pada tahun yang sama, harganya ditaksi dari 600 juta sampai 3 milyar rupiah (1993, setara Rp 6 - 30,5 milyar nilai 2020).

Hal yang membanggakan dari apartemen ini adalah meskipun berlokasi di tengah kota, pihak Sahid Jaya tidak terlalu mau latah menggunakan arsitek asing. Blok apartemen kembar berlantai masing-masing 23 dan 3 basement ini dirancang oleh Parama Loka Consultant, dipengaruhi oleh lingkungan Hotel Sahid Jaya dan masih mengusung kearifan lokal khas Indonesia, dengan memanfaatkan panel keramik berwarna jingga, dipadukan dengan granit di lantai terbawah.

Demi memperoleh citra eksklusif, setiap lantai Apartemen Istana Sahid hanya diberi lima unit hunian dan diposisikan dipojokan lantai untuk mendapatkan pemandangan maksimal. Lanskapnya dirancang dengan nuansa Bali untuk mengenyahkan rasa bosan bagi penghuni, disamping menyediakan fasilitas tenis, kolam renang, sasana kebugaran, biliar dan jalan untuk jogging.

Tetapi tidak seratus persen Istana Sahid dirancang oleh insinyur kebanggan anak bangsa dan menggunakan produk anak bangsa. Pihak Sahid menunjuk Dale Keller untuk merancang interior dari apartemen ini, dan sanitairnya konon menggunakan produk dari Italia.

Data dan fakta

  • Nama lama: Sahid Palace Executive Apartments
  • Alamat: Jalan Jenderal Sudirman No. 86 Jakarta
  • Arsitek:
    • Parama Loka Consultant (desain gedung)
    • Dale Keller & Associates - Facia International J.O. (interior) (catatan 1)
    • Limaef (struktur)
  • Pemborong:
    • Jaya Konstruksi (struktur dan finishing)
    • Frankipile Indonesia (pondasi)
    • Candra Irwan (lanskap)
  • Lama pembangunan: Februari 1993 - Maret 1995
  • Jumlah lantai: 23 + 3 basement (blok Mawar dan Melati)
  • Jumlah unit: 188 (keseluruhan)
  • Biaya pembangunan: Rp. 140 milyar (1995, setara Rp. 1,3 triliun nilai 2020)
  • Signifikasi: Tidak ada

Catatan

  1. Facia International dibentuk oleh Barbara Crowl, yang akhirnya bergabung ke firma interior Australia, Webb+. Detil singkat ada di web resmi Webb+ dalam bahasa Inggris.

Referensi

  1. Aria; Saptiwi Djati Retnowati (1995). "Apartemen Eksekutif Sahid Palace: Produk Komunikasi Yang Terjalin Harmonis". Majalah Konstruksi No. 202, Februari 1995, hal. 46-54
  2. Advertorial (1994). "Sahid Palace Executive Apartment: Hunian Eksklusif di Berliannya Segitiga Emas". Majalah Properti Indonesia No. 7, Agustus 1994, hal 64-65
  3. Tom/JS/PY (1993). "Sahid Palace Executive Apartment: Sajikan Suasana Hotel Berbintang". Media Indonesia, 11 September 1993.

Lokasi

Comments