Atrium Mulia

Atrium Mulia adalah sebuah gedung berlantai 9 yang berlokasi di kawasan bisnis Kuningan alias H.R. Rasuna Said, Jakarta. Dirancang oleh tim arsitek dari Jepang, Nihon Architects (atau sekarang bernama Nihon Sekkei), yang juga merancang Apartemen Park Royale dan Plaza Kuningan tidak lama kemudian di dekade 1980an, Atrium Mulia dikembangkan dan dikelola oleh grup Bumi Mulia Perkasa Development, yang kini bagian dari konglomerasi properti Mulialand.

Atrium Mulia

Atrium Mulia selesai dibangun pada tahun 1983 sebagai The Atrium, dan di sebuah iklan KOMPAS terbitan 20 Mei 1983, Atrium Mulia dinyatakan sudah bisa ditawarkan ruangannya per Oktober 1983. Dengan luas lantai net 19.520 meter persegi, Atrium Mulia dikenal sebagai gedung perkantoran dengan atriumnya yang sangat besar (40 meter, bisa dikatakan tinggi gedung keseluruhan), yang lantainya dilapisi granit. Eksterior Atrium Mulia yang berlapiskan kaca, dengan rangka aluminium hitam, membuat gedung ini menjadi pionir gedung-gedung berlapis kaca setelah Wisma Kosgoro pada tahun 1976.

Tidak ada informasi mengenai pemborong dari gedung ini. Adapun Atrium Mulia saat ini lebih beken sebagai kantor dari Rajawali Televisi (rtv), sebelumnya gedung ini pernah ditempati Lippolife dan Lippobank (yang memberi nama gedung ini Lippo Life Building di dekade 1980an akhir dan 1990an) dan Telkomsel.

Data dan fakta

  • Nama lama: The Atrium, Lippo Life Building
  • Alamat: Jalan H.R. Rasuna Said Kav. B10-11
  • Arsitek: Nihon Sekkei
  • Lama pembangunan: selesai dibangun 1983
  • Jumlah lantai: 9
  • Tinggi gedung: 40 meter (asumsi)
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. Web resmi Mulialand, diakses 8 Juni 2020 (arsip)
  2. KOMPAS, 20 Mei 1983 (iklan The Atrium)
  3. DP (1984). "Bisnis Perkantoran di Kawasan Segi Tiga Emas." KOMPAS, 25 Juni 1984, hal. 1

Lokasi

Comments