Cowell Tower

Atau disebut juga dengan Menara Cowell, atau Graha Atrium, atau Bunas Center, atau Gedung Bunas.

Graha Atrium
Foto DBG, Creative Commons License

Gedung berlantai 16 dengan luas lantai 32 ribu meter persegi sudah termasuk parkiran ini dirancang oleh tim arsitek dari Atelier 6, dan strukturnya dirancang oleh Limaef (1).

Pembangunan Graha Atrium, dikembangkan oleh Indokisar Djaya milik Grup Ongko, dilakukan oleh pemborong swasta Total Bangun Persada mulai September 1990 hingga selesai dibangun pada akhir Agustus 1992, dan diresmikan bersamaan dengan peresmian Mall Plaza Atrium Senen pada tanggal 21 Agustus 1992 (1)(5).

Sebulan kemudian Bank Umum Nasional milik Grup Ongko, pindah ke gedung ini dan menjadi kantor pusat hingga krisis moneter 1998 (2).

Desain gedung perkantoran Menara Cowell sebelum direnovasi oleh pihak Cowell, memang dirancang lebih selaras dengan daerah sekitarnya, terutama podiumnya yang mengikuti dominasi bentuk segi empat pada gedung-gedung sekitarnya (Plaza Atrium, Hotel Lumire dan pertokoannya) (1). Berlanggam pascamodern, Menara Cowell sebelumnya memiliki ornamen segitiga yang melambangkan tahapan kelanjutan usaha. Finishing menggunakan keramik berwarna abu-abu yang langsung terpasang pada beton cetak (1), seperti halnya Apartemen Sultan yang panel keramiknya menyatu dengan beton cetak (precast).

Direnovasi pada tahun 2015 (3), pihak Cowell menambahkan satu lantai pada podium, struktur baja dan mengganti lapis keramik dan jendela cokelat dengan lapis kaca, stereotip arsitektur neomodern abad 21. Sayangnya, tidak ada catatan mengenai arsitek desain Cowell Tower ini.

Menara Cowell
Pasca renovasi. Foto DBG, Creative Commons License

Struktur gedung menggunakan pondasi tiang bor (bored pile) dengan kedalaman maksimum 25 meter, dan yang berdekatan dengan Hotel Lumire berfungsi sebagai tiang tensioner (tension pile), sementara struktur atas menggunakan rangka dengan konstruksi beton bertulang dan pre-stressing untuk bentang panjang (1).

Cowell Development mengakuisisi pengelola gedung ini, yaitu Plaza Adika Lestari, sejak bulan November 2012 (4). Tenant yang tercatat menempati gedung ini per 2020 contohnya Bank Rakyat Indonesia, Bank Sumut cabang Jakarta, Furuno, distributor produk kesehatan dan obat-obatan Anugerah Pharmindo Lestari, hingga RKB CoHive yang berada di lobi gedung dan STIE Wiyatamandala (5).

Data dan fakta

  • Nama lama: Bunas Centre, Graha Atrium
  • Alamat: Jalan Senen Raya No. 135 Jakarta
  • Arsitek:
    • Atelier 6 (arsitektur)
    • Limaef (struktur)
  • Pemborong:
    • Total Bangun Persada
  • Lama pembangunan: September 1990 - Agustus 1992
  • Jumlah lantai: 16 + 2 basement

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati; Dwi Ratih (1992). "Perkantoran Segi Tiga Senen: Berangkat Dari Acuan Perencanaan Blok Keseluruhan". Majalah Konstruksi No. 173, September 1992.
  2. KOMPAS, 11 September 1992 (iklan BUNAS Center)
  3. Web resmi Cowell Development, diarsip 29 Juni 2016, diakses 13 Januari 2020
  4. Annual Report Cowell Development 2012
  5. ush (1992). "Proyek Segi Tiga Senen Senilai Rp 350 Milyar Diresmikan." KOMPAS, 22 Agustus 1992.
  6. Situs resmi: CoHive, Bank Sumut, APL, Furuno, STIE Wiyatamandala

Lokasi

Comments

Penyawer Minggu Ini: N/A.