Indosurya Life Center

Exim Melati
Foto SGPC, Creative Commons License

Gedung Indosurya Life Centre, sebelumnya bernama Indosurya Plaza dan Exim Melati, dirancang oleh tim arsitek dari Arkonin dan dibangun oleh pemborong swasta Duta Graha Indah mulai Oktober 1990 dan diperkirakan selesai dibangun sekitar 1992; hal ini diindikasikan lewat iklan Yasonta, tenant Exim Melati, yang pindah ke gedung ini sejak 1 Agustus 1992. Tidak ada data pasti kapan Yasonta/Sharp Indonesia meninggalkan gedung ini. Gedung ini pernah ditempati Bank Mandiri sebagai penerus BankExim hingga Indosurya mengambilalih gedung ini.

Gedung Indosurya Life Centre pada awalnya menggunakan lapis kaca berwarna emas dan granit; karena direnovasi pada 2010 lalu, Indosurya Life Centre sekarang berlapis biru tulen bergaya "Uno Stacko" secara horisontal, mengikuti tetangganya yaitu UOB Plaza, dan komposit abu kehitaman di sisi kiri dan kanan. Dan terdapat skybridge yang menghubungkan kedua gedung tersebut.

Indosurya Plaza
Tampilan sebelum renovasi. Foto SGPC, Creative Commons License

Gedung Indosurya Life Centre saat ini memiliki 13 lantai dan 1 basement, dan luas lantai sebelum renovasi 7.780 meter persegi. Asumsi penulis, gedung saat ini memiliki luas lantai kasar 8.400 meter persegi. Saat ini, Indosurya Life Centre diisi oleh Asuransi Jiwa Indosurya, dealer mobil BMW (sebelumnya ditempati Mazda), dan capem Bank Permata dan Bank Panin.

Data dan fakta

  • Nama lama: Exim Melati, Indosurya Plaza
  • Alamat: Jalan M.H. Thamrin No. 8-9 Jakarta
  • Arsitek:
    • Arkonin
  • Pemborong:
    • Duta Graha Indah
  • Lama pembangunan: Oktober 1990 - 1992
  • Jumlah lantai: 14 + 1 basement

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1991). "Info Proyek: Bank Exim". Majalah Konstruksi No. 155, Maret 1991

Lokasi

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Sinarmas Land Plaza Surabaya (terbaru 25 November 2019)

Mal Ciputra Jakarta (terbaru 17 Maret 2020)

Sejarah Pusat Perbelanjaan Jakarta - Bab II: Lintas Melawai

City Plaza Klender

Menara Imperium