Gedung Bank UOB Harmoni

UOB Buana Harmoni
Foto SGPC, Creative Commons License

Gedung Bank Buana Indonesia, atau sekarang bernama Gedung UOB Harmoni, dibangun di atas lahan seluas 900 meter persegi dekat apartemen Istana Harmoni dan Gedung Bank Tabungan Negara. Dirancang dengan gaya modern oleh tim arsitek dari Bimaseta Cipta Optimal, gedung berlantai 8 ini dibangun oleh pemborong Total Bangun Persada mulai Maret 1986 dan selesai dibangun Juni 1987.

Gedung UOB Harmoni dirancang dengan hanya memastikan desainnya sesuai dengan daerah sekitar, dan tidak memiliki pembuka jendela di sisi jalan Majapahit dan Veteran untuk alasan keamanan dan keselamatan di Ring 1. Eksterior gedung yang awalnya merupakan lapis keramik berwarna putih, sekarang dilapisi oleh lapis komposit warna hijau. Secara struktur, Gedung UOB Harmoni hanya menggunakan pondasi tiang bor dan rangka open frame (rangka terbuka), dengan dinding geser di bagian brankas dan tangga, dan balok lantai pratekan post-tension.

Gedung ini diresmikan pemakaiannya sebagai kantor pusat Bank Buana Indonesia pada tanggal 11 Januari 1988. Dengan pengambilalihan Bank Buana Indonesia oleh United Overseas Bank dari Singapura per 2007 setelah International Finance Corporation menjual sahamnya ke UOB, gedung ini sementara menjadi kantor pusat Bank UOB Buana sebelum pindah ke kantor barunya di Jalan M.H. Thamrin, dan UOB Buana menjadi kantor cabang. Sejak UOB merelokasi cabangnya dari kawasan Harmoni ke Jalan Ir. H. Juanda pada 2017 (2), gedung ini kini tak berpenghuni.

Data dan fakta

  • Nama lama: Gedung Bank Buana Indonesia
  • Alamat: Jalan Gajah Mada No. 1A Jakarta
  • Arsitek: Bimaseta Cipta Optimal
  • Pemborong: Total Bangun Persada
  • Lama pembangunan: Maret 1986 - Juni 1987
  • Jumlah lantai: 8

Referensi

  1. V-Z (1988). "Gedung Bank Buana Indonesia, Bangunannya sederhana namun mengesankan". Majalah Konstruksi No. 118, Februari 1988.
  2. Web resmi UOB Indonesia.

Lokasi

Comments