Kantor Pusat Jasa Raharja

Kantor Pusat Jasa Raharja
Pionir pascamodernisme. Foto pribadi, Creative Commons License

Gedung sederhana berlantai 8 ini merupakan kantor pusat asuransi kecelakaan milik negara Jasa Raharja sejak diresmikan penggunaannya oleh Menkeu Radius Prawiro pada tanggal 8 Februari 1986. Gedung Jasa Raharja, begitu nama lain dari gedung ini, dirancang oleh Ir. H. Eddy Kuntadi IAI dari firma lokal Daksa Megah dan dibangun oleh PT Adhi Karya, estimasi penulis adalah Januari 1985 - Januari 1986, karena lama pembangunannya disebutkan berlangsung selama 12 bulan. Gedung dengan luas lantai 9 ribu meter persegi ini menggantikan gedung lama di Jalan Kali Besar Timur No. 10.

Secara arsitektur, Gedung Jasa Raharja memang cukup menonjol di lingkungan Jalan H.R. Rasuna Said karena aksen kolomnya yang sangat terlihat dibanding gedung lainnya, menghasilkan nuansa klasik pada bangunan. Tak hanya itu, kolom gedung melambangkan Asuransi Jasa Raharja dalam menopang segala penanggungan, terutama dalam kecelakaan lalu lintas. Finishing bangunan menggunakan kaca riben dan lapis luarnya dicat.

Struktur bangunan yang digunakan adalah pondasi tiang bor dengan rata-rata kedalaman 10 meter, dan struktur atas beton bertulang dengan portal kaku dengan dinding geser pada tangga dan core bangunan. Jasa Raharja menghabiskan anggaran kira-kira Rp. 4,6 milyar untuk membangun gedung yang desain arsitekturnya cenderung bergaya pascamodern ini.

Data dan fakta

  • Alamat: Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C2 Jakarta
  • Arsitek: Ir. H. Eddy Kuntadi (Daksa Megah)
  • Pemborong: Adhi Karya
  • Lama pembangunan: Januari 1985 - Januari 1986
  • Diresmikan: 8 Februari 1986
  • Jumlah lantai: 8
  • Biaya pembangunan: Rp. 4,6 milyar (1986)
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. NN (1986). "Gedung Kantor Jasa Raharja: Menampilkan perpaduan bentuk klasik dan modern". Majalah Konstruksi, Maret 1986.
  2. Ikatan Arsitek Indonesia (1997). "Karya Arsitektur: Arsitek di Indonesia". Jakarta: Ikatan Arsitek Indonesia. Tanpa nomor ISBN.

Lokasi

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Gedung Sekretariat ASEAN (terbaru 5 Juni 2020)

Gedung Sapta Pesona (terbaru 19 September 2019)

City Plaza Klender

Hotel Le Méridien Jakarta (terbaru 2 Mei 2020)

Mal Ciputra Jakarta (terbaru 17 Maret 2020)