Bank Danamon (Gubernur Suryo)

Bank Danamon Gub Suryo
Gedung imut tapi beratrium. Foto pribadi, Creative Commons License

Sesuai namanya, gedung berlantai 5 ini adalah satu dari dua kantor cabang utama Bank Danamon se-Surabaya (satu lainnya eks Bank Nusantara Parahyangan) (2) dan kantor wilayah Jawa Timur. Gedung ini dirancang oleh Atelier 6 dan pembangunannya diborong oleh Decorient Indonesia mulai 6 Juli 1988 hingga selesai dibangun dan dibuka pemakaiannya pada tanggal 17 Oktober 1989. Awalnya merupakan kantor Bank Duta, sejak 1999 gedung ini menjadi kantor dari Bank Danamon yang merupakan leburan dari beberapa bank-bank BTO BPPN.

Gedung Bank Danamon yang berlokasi di Jalan Gubernur Suryo ini dilihat dari luar tidak begitu spesial alias lebih bernuansa form follow function, mahkota segitiga di sisi barat dan timur awalnya menjadi "rumah" logo Bank Duta menjadi fitur penonjol dari eksterior bangunan yang dilapisi aluminium berwarna kelabu dan kaca transparan ini. Tetapi, di dalam gedung, terdapat atrium tertutup pada lantai 2 yang merupakan ruang kantor. Tertutup, karena atrium tersebut tidak terbuka sampai ke atap, tertutupi oleh ruang serba guna pada lantai 5. Secara struktural, gedung ini tidaklah spesial jua: pondasi frankipile kedalaman 20-22 meter dan struktur utama beton bertulang dengan penulangan pratekan, dan atap baja.

Data dan fakta

  • Nama lama: Bank Duta Jawa Timur
  • Alamat: Jalan Gubernur Suryo No. 12 Surabaya
  • Arsitek: Atelier 6
  • Pemborong: Decorient Indonesia
  • Lama pembangunan: Juli 1988 - Oktober 1989
  • Jumlah lantai: 5
  • Biaya pembangunan: Rp 7 milyar (1989, setara Rp 95 milyar nilai 2020)
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. Urip Yustono/Rahmi Hidayat (1990). "Kantor Bank Duta Regional Jawa Timur: Dengan konsep atrium untuk kenyamanan pelayanan". Majalah Konstruksi No. 149, September 1990.
  2. Web resmi Bank Danamon: 2, 3

Lokasi

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Intiland Tower Jakarta (terbaru 20 Mei 2020)

Mal Ciputra Jakarta (terbaru 17 Maret 2020)

Sinarmas Land Plaza Surabaya (terbaru 25 November 2019)

Gedung Sapta Pesona (terbaru 19 September 2019)

Sejarah Pusat Perbelanjaan Jakarta - Bab II: Lintas Melawai