Graha Merah Putih

Graha Citra Caraka, 2011
Graha Citra Caraka sebenarnya adalah nama yang bagus. Foto pribadi, Creative Commons License

Graha Merah Putih, gedung bernama nasionalis ini dirancang, awalnya, oleh tim arsitek Ciriajasa dan dibangun oleh Total Bangun Persada mulai 12 Januari 1987 dan selesai dilaksanakan sekitar awal kuartal pertama tahun 1989. Dengan luas kasar gedung 36 ribu meter persegi dan tinggi gedung mencapai 78 meter, gedung yang awalnya merupakan kantor Wilayah Telekomunikasi IV Perumtel ini dibangun di bekas gudang kabel telepon.

Desain Graha Merah Putih memang dirancang harmonis dengan Widya Graha LIPI. Kata Ir. Wibowo Iman, orang nomor satu di PT Ciriajasa kepada kru majalah Konstruksi Rahmi Hidayat dan Esti Susanti, "karena letaknya berdampingan dengan gedung LIPI yang sudah lebih dulu hadir dengan bentuk ellips, maka kami mencoba mengadaptasi dengannya [Graha Merah Putih] agar tercipta keharmonisan lingkungan." Iman juga menyinggung respek antar gedung yang sayangnya terabaikan saat Telkom malah menunjuk arsitek Australia Woods Bagot merancang ekstensinya di belakang.

Pondasi yang digunakan adalah frankipile dengan kedalaman sekitar 10 meter dan struktur atas terdiri dari beton bertulang dan dirancang tahan gempa.

Sayangnya, desain gedung rancangan Ciriajasa yang berkelir kaca hitam dan dipoles keramik akhirnya tidak bertahan lama. Telkom Indonesia, yang sangat militan dalam membangun citra millennial mereka, mengubah gedung ini dengan diawali reclad podium pada 2014-2015 dan pengoplasan total pada 2017-2018 agar selaras dengan gedung Telkom Landmark Tower yang mereka bangga-banggakan, yang ironisnya bukan karya arsitek Indonesia.

Data dan fakta

  • Nama lama: Graha Citra Caraka, Gedung Witel IV Perumtel
  • Alamat: Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 52 Jakarta
  • Arsitek: Ciriajasa
  • Pemborong: Total Bangun Persada
  • Lama pembangunan: Januari 1987 - Q1 1989
  • Jumlah lantai: 16 + 2 basement
  • Tinggi gedung: 78 meter
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. Esti Susanti; Rahmi Hidayat; Urip Yustono et. al. "Gedung Telkom berdialog dengan tetangganya". Majalah Konstruksi No. 129, Januari 1989.

Lokasi

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Mall Ciputra Jakarta

Intiland Tower Jakarta (update 17 Oktober 2019)

City Plaza Klender

Grha BNI

Gedung Sapta Pesona (update 19 September 2019)