Tamara Centre

Tamara Centre
Dilihat dari utara gedung. Foto pribadi, Creative Commons License

Tamara Centre, sepertinya anda bisa membayangkan bahwa gedung ini adalah rancangan orang asing dengan desainnya yang pascamodern dan canggih. Tidak. Tamara Centre dirancang oleh insinyur-insinyur kebanggaan anak bangsa dari Accasia (1). Gedung berlantai 20 ini dibangun oleh Ssangyong Engineering & Construction, bekerja sama dengan Takarin Tamara J.O. (1), mulai November 1988 (1) dan diperkirakan rampung 1990. Estimasi tersebut diambil penulis karena pekerjaan struktur secara keseluruhan selesai Oktober 1989 (1).

Desain Tamara Centre yang seperti penulis sebutkan tadi, berlanggam pascamodernisme dan canggih, mengejawantahkan logo Grup Tamara (1). Dua bagian gedung tersatukan oleh sebuah "shaft", begitu pemikiran tim arsitek Accasia, yang merepresentasikan Grup Tamara sendiri. Kulit luarnya yang berlapis kaca, alias legiun bangunan kaca tahun 1990an, menegaskan kesan modern dan memberi cahaya alami (setidaknya seperti itulah yang diklaim Tamara Land) (1)(2). Tidak ada bagian Tamara Centre yang sama; semua dari hadapan utara, selatan, barat dan timur memiliki permainan geometri yang berbeda (1).

Tamara Centre
Dilihat dari utara, desainnya langsung berbeda.
Foto pribadi, Creative Commons License

Secara struktur, pondasi memakai bored pile dan strukturnya menggunakan open frame beton bertulang dan balok lantai pratekan (1). Core gedung adalah open-frame karena desain gedungnya dari atas asimetris, menghasilkan ruang kantor yang lebih banyak dan membaurkan titik beban bangunan (1).

Saat selesai dibangun gedung dengan luas lantai 22.800 meter persegi ini sudah menjadi markas dari Grup Tamara yang terdiri dari Tamara Land dan Bank Tamara, sejak 1998 Bank Tamara diambilalih Badan Penyehatan Perbankan Nasional dan dilebur ke Bank Danamon. Gedung ini juga merupakan kantor dari dua bank asal Tiongkok: CTBC Bank - karena awalnya Chinatrust Indonesia lahir dari kongsi dengan Tamara pada 1997 - dan Bank of China (4). Tenant lainnya termasuk Taisho dan maskapai penerbangan Vietnam Airlines dan Royal Brunei (5)(6).

21 April 2011, lantai teratas Tamara Center sempat terbakar, tetapi kebakaran tersebut tidak terlalu luas dan terjadi di lantai atas. Tidak jelas alasan terjadinya kebakaran bangunan (3).

Data dan fakta

  • Alamat: Jalan Jenderal Sudirman Kav. 21 Jakarta
  • Arsitek:
    • Accasia
  • Pemborong:
    • J.O. Takarin Tamara - Ssangyong Engineering & Construction
  • Lama pembangunan: November 1988 - 1990
  • Jumlah lantai: 20

Referensi

  1. Dwi Ratih (1991). "Tamara Center: Hadir dengan penampilan multifasada". Majalah Konstruksi No. 160, Agustus 1991.
  2. Web Tamara Land, 22 Juli 2017
  3. Tri Kurniawan (2011). "Penyebab Kebakaran Tamara Center Masih Misteri". Okezone, 21 April 2011. Diakses 4 Agustus 2019 (arsip).
  4. Web resmi bank: CTBC Indonesia (arsip) dan Bank of China Indonesia (arsip). Masing-masing diakses 4 Agustus 2019 dan 1 Oktober 2019.
  5. Web resmi Taisho Pharmaceutical Indonesia. Diakses 1 Oktober 2019 (arsip).
  6. Web resmi Royal Brunei Airlines (arsip) dan Vietnam Airlines (arsip). Diakses 1 Oktober 2019.

Lokasi

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Mall Ciputra Jakarta

Intiland Tower Jakarta (update 17 Oktober 2019)

City Plaza Klender

Grha BNI

Gedung Sapta Pesona (update 19 September 2019)