Gedung Wirausaha

Gedung Wirausaha
Generik, dibuat oleh firma arsitektur yang anda sudah kenal.
Foto pribadi, Creative Commons License

Gedung perkantoran di Jalan H.R. Rasuna Said ini awalnya dimiliki oleh PT Sinar Sahabat, sebagai Gedung Perkantoran Sinar Sahabat dan dibangun oleh Total Bangun Persada dari Oktober 1989 dan selesai di rentang September-Desember 1990 (mengingat di Majalah Konstruksi edisi Mei 1990, pemborong mengharapkan sebelum Oktober 1990 gedung ini sudah selesai, tetapi perlu dicatat, kemoloran suatu saat bisa terjadi).

Tak ada hal yang khusus dari bangunan berlantai 8 dengan luas lantai 11 ribu meter persegi ini. Dirancang oleh Airmas Asri di tahun-tahun awal mereka merintis perancangan gedung, Gedung Wirausaha terlihat segar tapi sangat steril dengan lapis alucobond dan curtain wall, dengan langgam modern akhir. Secara struktur, pondasi Frankipile dan struktur atas lapis beton bertulang yang ditumpu dua core tembok geser (shear wall).

Soal tenant, Gedung Wirausaha menjadi kantor cabang pembantu Bank Mandiri (meneruskan Bapindo) dan OCBC NISP, Indomitra Securities (di-suspend operasionalnya 2017), pabrikan roda dua asal India TVS, dan Khong Guan.

Sekian presentasi gedung era Dilan lainnya dari Jalan H.R. Rasuna Said.

Data dan fakta

  • Nama lama: Gedung Perkantoran Sinar Sahabat
  • Nama lain: Gedung Wira Usaha
  • Alamat: Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C5 Jakarta
  • Arsitek: Airmas Asri
  • Pemborong: Total Bangun Persada
  • Lama pembangunan: Oktober 1989 - akhir 1990
  • Jumlah lantai: 8

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1990). "Gedung Perkantoran Sinar Sahabat: Kesan megah dan tampak ringan." Majalah Konstruksi No. 145, Mei 1990
  2. Dupia Kartini (2017). "BEI suspensi Indo Mitra Securities". KONTAN, 28 November 2017. Diakses 29 Juli 2019. (arsip)
  3. Website resmi Khong Guan Biscuits Factory. Diakses 29 Juli 2019. (arsip)
  4. Website resmi TVS Indonesia. (arsip)

Lokasi

Comments