Gedung KPPN Jakarta (Sawah Besar)

Gedung Perbendaharaan Pajak Juanda
Sederhana, tipikal modernisme 1980an. Foto pribadi, Creative Commons License

Ini merupakan gedung Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara kedua yang dibahas Setiap Gedung Punya Cerita.

Gedung ini berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No 19, Jakarta Pusat, dan memiliki rancangan arsitektur modern yang tidak begitu disukai Dilanowcy. Yah, benar, hanya lima lantai dan tidak memiliki keistimewaan apapun selain jendela gedungnya tidak begitu besar untuk menekan sinar matahari masuk. Gedung ini dirancang oleh tim arsitek dari Team 4 Architects dan pembangunannya diborong oleh Raka Utama, pemborong yang juga membangun kantor KPPN di Jatinegara, Jakarta Timur. Arsitek gedung KPPN Jatinegara, Yodya Karya (BUMN), bertindak sebagai manajemen konstruksi.

Mengingat Gedung KPPN Jakarta menjadi kantor 3 divisi KPPN Jakarta, yaitu KPPN Jakarta I, KPPN Jakarta IV dan KPPN Jakarta VI, pintu masuk pun dibuat berbeda untuk memastikan sirkulasi instansi. Saat pertama dibangun, gedung ini menjadi Kantor Perbendaharaan Negara/Kantor Keuangan Negara (KPN/KKN) dan Kantor Tata Usaha Anggaran (KTUA) Jakarta I, peran gedung yang diwariskan KKN dan KTUA masih diemban hingga kini melalui KPPN.

Gedung KPPN Jakarta saat pertama dibangun disebut sudah memiliki fungsi sistem otomasi bangunan (SOB) terkomputerisasi, tetapi tidak pernah dirancang sebagai sistem bangunan pintar (SBP). Gedung dengan jumlah lantai 5 dan luas lantai total 7.087 meter persegi ini dibangun mulai April 1986 dan selesai Januari 1988.

Data dan fakta

  • Nama lama: Gedung KPN/KKN/KTUA Jakarta I
  • Alamat: Jalan Ir H. Juanda No. 19 Jakarta
  • Arsitek: Team 4 Architects
  • Pemborong: Raka Utama
  • Lama pembangunan: April 1986 - Januari 1988
  • Jumlah lantai: 5
  • Signifikasi: tidak ada

Referensi

  1. Muhammad Zaki; Urip Yustono (1988). "Gedung KPN/KKN & KTUA Jakarta I: Dengan Building Automation System hemat 20 persen penggunaan energi". Majalah Konstruksi No. 124, Agustus 1988

Lokasi

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Sinarmas Land Plaza Surabaya (terbaru 25 November 2019)

Intiland Tower Jakarta (terbaru 20 Mei 2020)

Mal Ciputra Jakarta (terbaru 17 Maret 2020)

Gedung Sapta Pesona (terbaru 19 September 2019)

City Plaza Klender