Wisma Bank Rama

wisma elok, wisma bank rama, indosurya center
Tidak seelok namanya.
Sumber: Majalah Konstruksi, Oktober 1986
Gedung berlantai 8 ini merupakan kantor dari Bank Rama, namun kapan awal hingga akhir berkantor, masih dicari. Bank Rama adalah bank swasta hasil peleburan Bank Ramayana dan Bank Masyarakat pada 1972 dan diduga bubar sejak krismon 1998. Gedung yang awalnya bernama Wisma Elok ini dirancang oleh arsitek asal Singapura Timothy Seow dan strukturnya dirancang oleh tim arsitek lokal pada Trijaya Kani, dan dibangun oleh Decorient Indonesia (sekarang BAM Indonesia) mulai Juni 1985 sampai September 1986, tepatnya sejak 17 September 1986 Wisma Elok diserahterimakan kepada pemilik PT Inter Nusantara Real Estate. Desain yang diperlihatkan masih mengusung gaya internasional, dan pemilik bangunan yang mengharapkan gaya arsitektur yang enak dipandang, sepertinya bakal dicemooh oleh generasi Dilanowcy yang akan membaca blog ini, karena terlalu kaku.

Seperti gedung di bagian utara Jalan M.H. Thamrin, dan dekat dengan Jalan Kebon Sirih dengan kondisi dalam tanah yang berlumpur, Wisma Bank Rama memiliki pondasi yang sangat dalam, yaitu 45 meter, berjenis bored pile (tiang bor), dan pekerjaannya butuh perjuangan. Struktur atas tidak dijelaskan, mengutip kata pejabat Decorient Indonesia yang diwawancara Majalah Konstruksi, karena gedung tersebut tidak memiliki keistimewaan apapun. Lokasi yang sempit dan peraturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kala itu, terutama soal perparkiran, juga menjadi alasan kecilnya Wisma Bank Rama, hanya 8 lantai dengan luas lantai kasarnya mencapai 4650 meter persegi.

Bank Rama
Gedung ini familiar bagi para netizen. Gedung ini pernah bernama Bhagwan Center.
26 Juni 2009, foto pribadi, Creative Commons License

Saat ini di lokasi yang sama sudah berdiri tegak Indosurya Centre (atau resminya Indosurya Center, lafal Amerika), yang merupakan Wisma Bank Rama yang sudah dirombak total baik dari segi jumlah lantai dan juga muka depannya.

Data dan fakta

  • Nama sebelumnya: Wisma Elok, Bhagwan Center, Indosurya Center (sekarang)
  • Alamat: Jalan M.H. Thamrin No. 3 Jakarta
  • Arsitek:
    • Timothy Seow (arsitek utama)
    • Trijaya Kani (struktur)
  • Pemborong:
    • Decorient Indonesia
  • Lama pembangunan: Juni 1985 - September 1986
  • Belum diketahui kapan dan apakah gedung ini dibongkar/direnovasi
  • Jumlah lantai: 8 + 1 basement
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. NN (1986). "Gedung Wisma Elok: Menggunakan pondasi tiang bor dengan kedalaman 45 meter". Majalah Konstruksi No. 103, Oktober 1986 

Lokasi


View Larger Map

Perubahan

14 Juni 2019, 12.05: ralat pada kesalahan fatal; lokasi gedung dekat dengan Jalan Kebon Sirih, bukan Kebon Jeruk.
4 Agustus 2019: nama Indosurya Finance Centre -> Indosurya Center, dan Bhagwan Center. Penulis baru ingat nama gedungnya.

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Mall Ciputra Jakarta

Intiland Tower Jakarta (update 17 Oktober 2019)

City Plaza Klender

Grha BNI

Gedung Sapta Pesona (update 19 September 2019)