Menteng Prada

29 Desember 2012, foto pribadi, Creative Commons License
Apartemen sekaligus pusat perbelanjaan ini awalnya merupakan aset dari Intiland sebelum dijual entah kapan walau masih disebut dalam prospektus mereka sebagai proyek yang sudah jadi. Menteng Prada dibangun mulai November 1995 setelah sebulan melakukan penggalian tanah sejak Oktober 1995. Proyek diduga jadi pada awal 1997, seperti biasanya, karena perampungan meleset karena beberapa faktor. Estimasi pemborong ke Majalah Konstruksi edisi Februari 1997, sekitar Januari-Februari 1997. (1)

Desain gedung yang mirip art-deco walau podiumnya agak disayangkan, dirancang oleh arsitek lokal dari PT Graha Cipta. (1) Desain tersebut muncul sebagai bentuk pembauran dengan kawasan Menteng yang identik dengan rumah-rumah peninggalan Belanda. Petinggi PT Graha Cipta mengatakan bahwa desain tersebut merupakan neoklasik, karena penggunaan lengkung dan unsur kaca pada podiumnya. (1) Sementara unsur klasik yang didapat adalah dari tower apartemennya yang beratap dan memiliki ornamen besi tempa.
Secara interior, karena apartemen ini menganggap suasana luar kamar tidak penting, fasilitas pendukung seperti pusat sauna, laundromat dan fitness ditempatkan di lantai delapan dengan desain semenarik mungkin. (1)

Apartemen Menteng Prada memiliki 64 unit kamar di 8 lantai teratas yang bisa disewakan per bulan kala itu dengan banderol 1500 dolar Amerika (1) (setara 3,57 juta rupiah per bulan pada 1997, setara 25 juta rupiah pada 2018) – belum diketahui berapa banderol tangan kedua saat ini. Desainnya merupakan standar apartemen di Jakarta dengan harga sejenis seperti biasanya. (1) Sementara lantai 5-8 merupakan parkir dan fasilitas pendukung apartemen dan lantai 1-5 merupakan lantai pusat perbelanjaan. (1)(2) Mall Menteng Prada inilah salah satu gerai Carrefour Transmart berada (3), dan juga beken dengan sentra perdagangan berlian dan emas di Jakarta. (2)

Secara struktural gedung ini menggunakan pondasi bored pile, dan saat pembangunan struktur utama pembesiannya (kerangka gedung) dicetak sehingga gampang dipasang, menggunakan phenolfilm untuk bekisting agar bisa dipakai berulang dan formwork untuk kolom, rangka dan shaft. (1) Pembangunan dilakukan oleh Dimensi Engineering Contractors. (1)

Data dan fakta

  • Alamat: Jalan Pegangsaan Timur No. 15A Jakarta
  • Arsitek: Graha Cipta
  • Pemborong:
    • Dimensi Engineering Contractors (kontraktor utama)
  • Lama pembangunan: November 1995 - 1997
  • Jumlah lantai: 17
  • Biaya pembangunan: Rp 71,4 milyar (1997, setara Rp 495 milyar pada 2018)
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. Umi-Raska (1997). “Menteng Prada, Manfaatkan Lahan Sempit”. Majalah Konstruksi, Februari 1997.
  2. Website resmi Menteng Prada
  3. Carrefour

Lokasi


View Larger Map

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Mal Ciputra Jakarta

City Plaza Klender

Gedung Sekretariat ASEAN

Gedung Sapta Pesona (update 19 September 2019)

Intiland Tower Jakarta (update 17 Oktober 2019)