Di Balik Tag "Gedung Generasi Dilan"

Wisma Nugra Santana
Wisma Nugra Santana, sebelumnya adalah kantor pusat
Bank Pacific, selesai dibangun 1990, bisa diklasifikasikan di
blog ini sebagai Gedung Generasi Dilan. Terancam digusur
untuk proyek baru bernama "7Point8". 28 Desember 2014, Creative Commons License
Sebenarnya penulis memiliki rasa tidak suka dengan film dan bahkan sebuah novel karangan Pidi Baiq ini, bahkan nonton film dan novelnya saja tidak, karena penulis memang tidak tertarik pada novel picisan ini. Maklum, kesukaan penulis lain.

Namun di blog ini akan muncul tag "GEDIL - Gedung Generasi Dilan" pada beberapa tulisan tentang sebuah gedung. Apa yang membuat penulis memakai tag ini? Tag tersebut adalah tag satu atap untuk gedung yang pembangunannya selesai pada 1990 dan 1991. Tahun yang pada masa berikutnya akan selamanya identik di Indonesia sebagai tahunnya Dilan.

Di Indonesia, budaya efek bandwagon pada budaya Internet cukup kental, sehingga untuk beberapa kasus penulis harus "menyesuaikan diri" pada budaya netizen. Dilan adalah hit era 2018-19 yang sejujurnya, tidak mencerminkan tahun 1990 dan 1991 secara kultural dan teknologi. Namun, penulis bukan penulis blog murahan yang mengejar iklan, dan ini Setiap Gedung Punya Cerita, penulis juga harus memastikan bahwa blog ini tersedia di search engine, memiliki konten yang menarik dan memiliki referensi yang baik, untuk dibaca oleh masyarakat.

Ada saja yang bisa dibahas dari gedung, ada yang bisa kita dapatkan dari sebuah gedung baik dari segi konstruksi sampai kejadian-kejadian di sebuah gedung. Apa yang didapat harus berasal dari sumber-sumber lama, karena kerap kali sumber ini diabaikan oleh media-media online, termasuk 1990 dan 1991 atau era BEDIL (bangunan generasi Dilan). Inilah yang membuat blog ini setidaknya bisa menjadi referensi dari referensi bagi penggemar arsitektur Indonesia yang masih frustrasi akan jarangnya pembahasan tentang sebuah gedung, terutama di era Orde Baru.

Awalnya penulis menyebut kategori tersebut BEDIL, dari kata Bangunan Generasi Dilan, namun agar tagging lebih rapi, dimana kategori status gedung diawali dengan huruf G, maka digunakan istilah GEDIL - Gedung Generasi Dilan.

Dalam satu jam ke depan, lima gedung pertama dari era Dilan, keseluruhan dari 1991 dan Plaza Indonesia yang selesai dibangun 1990, akan terbit, bertepatan dengan booming tren masyarakat pada Dilan '91. Selamat membaca.

Setiap Gedung Punya Cerita

Komentar

Yang banyak dibaca seminggu terakhir

Mall Ciputra Jakarta

Intiland Tower Jakarta (update 17 Oktober 2019)

City Plaza Klender

Grha BNI

Gedung Sapta Pesona (update 19 September 2019)