Gedung Muhammad Sadli I Kementerian ESDM (terbaru 8 November 2019)

direktorat jenderal mineral dan batubara esdm, dh gedung perum tambang, sebelum renovasi
Untuk apa membahas gedung ini? Kejar SEO?
Angkat citra gedung ini? Nambah posting?
Sumber: Majalah Konstruksi, April 1988.

Kantor Pusat Perum Batubara, kini sudah dioplas dan menjadi kantor Dirjen Mineral & Batubara Kementerian ESDM - atau singkatnya Ditjen Minerba ESDM, tidak diketahui kapan dibukanya dan kapan konstruksi berlangsung, sehingga penulis mengambil estimasi selesai 1987. Gedungnya sendiri baru diresmikan oleh Menteri Tambang & Energi Dr. Soebroto pada tanggal 22 Februari 1988. Namun penulis menemukan profil gedung sederhana ini terselip di balik gemerlap dansa tower crane Plaza Indonesia dan kemegahan Wisma Intiland di Majalah Konstruksi edisi April 1988.

Gedung berlantai 5 dan memiliki luas lantai 2870 meter persegi ini dirancang oleh insinyur lokal bertalenta dari PT Pola Kencana Utama. Jauh dibanding Plaza Indonesia dan Wisma Intiland yang dirancang insinyur-insinyur kelas los galacticos. Dirancang untuk Perum Tambang Batubara yang hanya menempati gedung ini selama tiga tahun karena keburu dilebur ke PT Bukit Asam, melalui PP No. 56/1990.

Desain gedungnya hanya persegi panjang, lantai 5 memiliki perluasan, dan dirancang khusus untuk penggunaan AC walau bisa dimungkinkan memanfaatkan cahaya dan udara alami.

Secara struktur, pondasi plat menerus, struktur beton rangka biasa, dengan atap lantai lima menggunakan rangka baja dengan dilapisi atap asbes. Finishing kaca bersunscreen dan lapis keramik putih - tipikal bangunan era Orba. Eit, itu dulu, karena di era Reformasi, finishing gedung ini sudah berubah wujud menjadi lapis komposit. Sementara lift terdiri dari 2 buah.

Sejak 25 Juli 2019, nama kompleks Ditjen Minerba berganti menjadi Gedung Muhammad Sadli, mengabadikan nama mantan Menteri Pertambangan dan Energi era Kabinet Pembangunan II, tahun 1974-1979. Gedung eks Perum Batubara kini bernama Gedung Muhammad Sadli I.

Video YouTube mengenai gedung ini, dari Ditjen Minerba Kementerian ESDM. Menampilkan foto gedung Perum Batubara yang muncul di blog ini. Video ini juga menjadi sumber tambahan untuk tulisan ini.

Data dan fakta

  • Nama sebelumnya: Gedung Perum Tambang Batubara
  • Alamat: Jalan Professor Dr. Soepomo No. 10 Jakarta
  • Arsitek: Pola Kencana Utama
  • Pemborong: Pembangunan Perumahan
  • Lama pembangunan: estimasi penulis selesai 1987
  • Jumlah lantai: 5
  • Signifikasi: Tidak ada

Referensi

  1. NN (1988). "Gedung Perum Batubara: Menampilkan bentuk yang khusus di lokasi tersembunyi". Majalah Konstruksi, April 1988.
  2. Peraturan Pemerintah No. 56/1990 mengenai Pembubaran Perum Tambang Batubara.

Lokasi


View Larger Map

Perubahan

  • Pertama ditulis 18 Januari 2019
  • 21 Januari 2019: menambahkan singkatan Ditjen Minerba.
  • 8 November 2019: penggantian nama gedung. Video sudah ada di YouTube.

Comments