Selamat Datang di Setiap Gedung Punya Cerita

Hi, selamat datang di blog Setiap Gedung Punya Cerita! Sebelum memulai, bacalah profil blog ini, konten yang akan dijelaskan, target pembaca, cara mencari konten dan batasan yang anda harapkan dari blog ini. Selamat membaca.



Blog Setiap Gedung Punya Cerita dibuat oleh sekelompok sejarawan amatir, salah satunya pecinta bangunan tinggi dalam negeri, yang kesulitan mencari informasi sejarah gedung yang kurang dieksploitasi oleh masyarakat umum dan komunitas arsitektur secara daring. Blog ini akan semampunya menjelaskan sejarah, informasi teknis dan arsitektur gedung yang dibangun di era semasa Orde Lama, Orde Baru dan Reformasi.

Good Morning Ugly Glassboxes
Mari memperkenalkan bangunan tinggi ke masyarakat banyak dalam 1 kemasan. Foto DBG, Creative Commons License

Target pembaca

Masyarakat umum, semoga. Penulis sengaja menyasar masyarakat umum, tanpa memandang profesi dan strata sosial, sebagai bentuk edukasi dan, semoga, bisa mengapresiasi arsitektur Indonesia di masa lalu, bukan hanya melulu mengapresiasi bangunan besar dan mewah era Orde Lama dan kolonial Belanda.

Beberapa bahasan khusus seperti struktur dan arsitektur bangunan juga dijelaskan sebagai rekam jejak. Dalam kasus tertentu, informasi-informasi yang didapat tersebut menjadi sangat krusial, semisal untuk mengecek keamanan struktur bangunan, penelitian sejarah arsitektur, atau bahkan untuk mengetahui rekam jejak sebuah gedung sebelum anda melangkah lebih jauh untuk menyewa atau memiliki unit di gedung tersebut.

Konten blog

Seperti yang dijelaskan dari awal, Setiap Gedung Punya Cerita akan membahas sejarah dari awal pra-pembangunan, masa pembangunan, peresmian hingga operasional bangunan. Tidak hanya itu, penulis memberikan informasi mengenai teknis, arsitektur dan struktur bangunan, melalui data-data yang penulis dapatkan dari sumber cetak maupun elektronik. Anda bisa melihat sumber-sumber yang digunakan oleh blog ini di halaman Tentang Sumber. Tidak semua gedung bisa ditulis dengan lengkap karena berbagai faktor, sehingga penulis menampung informasi tersebut dibawah tajuk "Tulisan pendek".

Karena blog ini bersifat evergreen, satu artikel bersifat selamanya dan bisa berubah tergantung nasib gedung yang dibahas tersebut. Jejak sejarah sebuah gedung bisa berubah sewaktu-waktu dengan data baru yang relevan untuk dibahas, baik secara dalam jaringan maupun dari sumber cetak.

Di luar hal-hal mengenai bangunan, penulis berupaya menulis artikel mengenai kritik arsitektur, sejarah secara umum dan spesifik mengenai gedung-gedung dan industri properti di Indonesia hingga opini penulis, ditampung di Tulisan Khas SGPC. Anda mengetahui gedung modern apa saja yang desain arsitekturnya berubah? Anda bisa melihatnya di daftar "Hancur atau teroplas".

Ingin mencari sesuatu?

Untuk melihat gedung yang sudah diulas di blog ini, lihat halaman Direktori, tetapi jika anda ingin melihat tabel gedung yang lebih lengkap bisa dicek disini, atau dengan menggunakan toolbar Search yang tersedia di atas judul blog. Atau anda bisa mengklik tag untuk mencari gedung maupun struktur yang dibangun di tahun-tahun, kota atau fungsi tertentu.

Batasan

Gedung Bank Negara Indonesia
Anda ingin cari sejarah gedung BNI Yogya Kota di blog ini? Wassalam. Foto DBG, Creative Commons License

Seperti yang penulis katakan sebelumnya, fokus blog ini ada di profil gedung Indonesia di masa modern. Sehingga tidak semua gedung yang dibangun di Indonesia tercatat oleh blog ini. Dan penulis berulang kali mewanti-wanti untuk tidak komplain soal ketiadaan bangunan era Belanda, karena gedung-gedung tersebut sudah sering kali dibahas oleh blog-blog lain dan memiliki perhatian jauh lebih baik dari preservasi bangunan lainnya di Indonesia.

Villa di Lembang
Rumahnya keren, Indisch. Tapi SGPC akan meloncati ini. Foto oleh DBG, Creative Commons License

Selain itu, blog ini tidak akan membahas rumah. Sayangnya, banyak hal-hal arsitektur di Indonesia saat ini terlalu berpaku pada arsitektur rumah, dan tidak banyak rumah yang layak dijadikan obyek arsitektur menarik di era skup kerja SGPC, sehingga sudah pasti penulis meloncati terlebih dahulu. Atau, bila dimasukkan, akan dijelaskan dalam tulisan petunjuk arsitektur umum.

Kritik dan saran

Jika anda menemukan kelemahan atau kekurangan sumber dari tulisan yang dimuat SGPC, anda bisa menggunakan kolom komentar atau melalui Kontak, dan jangan lupa dukung SGPC agar bisa mendapat lebih banyak sumber dengan berdonasi melalui Saweria dan Paypal.

Donatur Saweria akan mendapat keistimewaan namanya dipajang di artikel terbaru. Jangan lupa untuk share blog ini, karena blog ini sangat bermanfaat bagi anda yang suka pencakar langit.

Selamat membaca!

Setiap Gedung Punya Cerita

Comments